Thursday, December 12, 2013

Sejarah VersaEmerge to Versa

Hollaaaaaaa selamat siang semua!!!
Apa kabar hari ini? Pasti baik - baik aja kan. Kalau yang sehat syukur deh, kalau yang sakit jangan lupa minum obatnya dan banyak istirahat ya biar cepet sembuh. Wah sepertinya aku kelihatan bersemangat sekali ya siang ini hehe...Biasa mood lagi bagus, kalau mood lagi bagus bawaannya happy dan ceria mulu. Kalau mood lagi jelek dunia seakan turut berduka karna melihat wajah Shinta yang murung dan sedih hehe lebay yaa...

Oke deh, topik bahasan siang ini adalah tentang salah satu band favorit aku selain My Chemical Romance yaitu VersaEmerge, sekarang lebih dikenal dengan nama VERSA. Pertama kali aku kenal band ini itu bulan Agustus 2011 karna dikasih tahu teman. Awalnya aku sering update status tentang band rock dengan vokalis wanita terus dia ini tanya "suka female fronted-rock band ya?" aku bilang "iya bro". Terus dia tanya lagi "udah dengerin VersaEmerge sama Picture Me Broken Belom?", aku bilang belom terus dia nyaranin buat dengerin. Aku gak langsung dengerin saat itu juga karna dulu belum punya jaringan wifi dirumah ( kebetulan waktu itu aku pas lagi pulang kerumah liburan masih jaman kuliah ) jadi cuma pake modem biasa yang isi kuotanya pun gak seberapa. Aku baru dengerin VersaEmerge itu pas bulan septembernya. Aku minta temenenin sama adek sepupuku ke warnet buat download lagu - lagu VersaEmerge dan Picture Me Broken. Setelah download aku dengerinnya dirumah gak langsung dengerin diwarnet sih, udah malam :D
Saat pertama kali dengar itu langsung jatuh hati sama VersaEmerge. Lagu pertama yang aku dengerin itu Father Sky dan Moments Between Sleep dan langsung jadi lagu favorit aku waktu itu ( sekarang juga masih jadi lagu favorit sih hehe dan nambah lagi yang menjadi lagu favorit aku sepanjang masa dari VersaEmerge adalah Fixed At Zero).  Entah kenapa pas dengerin Picture Me Broken waktu itu biasa aja, tiba - tiba aja langsung tertarik sama band VersaEmerge dan setelah itu aku pun mulai cari - cari informasi soal band ini. Nah, begitulah pertama kali aku kenalan sama band ini. Selanjutnya aku mau ceritain sedikit tentang VersaEmerge, perjalanan karir mereka sampai mereka berganti nama menjadi VERSA. Gak tahu kenapa band ini sering dibanding - bandingkan dengan Paramore kebetulan 1 label dengan mereka dibawah naungan Fueled By Ramen hanya karena vokalis mereka sama - sama cewek (hadeeh labil...) Padahal dari jenis musik mereka aja sudah berbeda apalagi warna vokal Sierra yang cenderung soft tapi masih tetap ngerock :D Ok deh langsung aja nih sejarah tentang VersaEmerge dari awal terbentuk sampai berganti nama menjadi VERSA.

Terbentuk Dan Cities Built on Sand (2006–2007)

 


VersaEmerge adalah band asal  Port St.Lucie, Florida, Amerika Serikat terbentuk saat gitaris dan backing vokalis Blake Harnage dan mantan drummer Anthony Martone berada di SMA. Mereka awalnya di sebuah band bernama " My Fair Verona "( Kalian bisa dengerin lagu - lagu dari My Fair Verona diyoutube. Keren - keren juga loh lagu mereka !). Setelah My Fair Verona bubar , Blake sama Anthony melanjutkan untuk membentuk band mereka sendiri . Mereka memilih nama "VersaEmerge" dari kata "Versa" yang berarti berlawanan, dan "Emerge" yang berarti untuk bangkit. Band ini merekam EP pertama merekaC Cities Built On Sand pada tahun 2007 yang menampilkan mantan anggota Spencer Pearson pada vokal , Anthony Doan pada vokal , programming dan key, Josh Center pada gitar, dan Nick Osborne pada bass serta Blake lead guitar dan Anthony pada drum .



Tiba - tiba keempat anggota band mendadak keluar dan pada saat itu Blake langsung merekrut mantan bassist Devin Ingelido dari Bury Ashes. Pada tahun berikutnya, vokalis saat Sierra Kusterbeck mengikuti audisi untuk posisi vokal dengan mengirimkan rekaman online. Sementara anggota lain gak terlalu yakin dengan Sierra tapi Blake meyakinkan mereka bahwa Sierra adalah orang yang tepat dan gak lama kemudia ia bergabung dengan band pada tahun 2007. Cerita dikit nih dulu itu Sierra bohong tentang usianya dia bilang ke Blake kalau dia berusia 18 tahun , padahal waktu itu masih 16 ( haha jangan ditiru ) biar dia ikut audisi . Tapi, Sierra akhirnya mengakui dan menjelaskan bahwa dia berumur 17 tahun seminggu setelah audisi (hehe nakal), dia ngomong kayak gitu sama Blake lewat telpon. "Aku 17 tahun, ulang tahunku seminggu lagi", ah dasar neng Sierra :D 



 VersaEmerge dengan James Lano (dari kiri James - Devin - Sierra - Blake - Anthony)



Perceptions (2007–2008)

 

 

Setelah merekrut dari Sierra, VersaEmergemain di show - show lokal dan melanjutkan tur dengan . band-band seperti Kiros, Our Last Nigh, There For Tomorrow, dan Craig Owens. Band ini kerja keras banget dan merilis EP pertama mereka dengan vokalis baru mereka Sierra, "Perception", pada Mei 2008. Mereka kemudian berpisah dengan gitaris / rhythm James Lano, yang kemudian digantikan oleh Jerry Pierce.




         VersaEmerge dengan Jerry Pierce dari kiri (Sierra - Devin - Jerry - Anthony - Blake)






                                         Dari Kiri Anthony - Jerry - Sierra - Devin - Blake
 
VersaEmerge kemudian menandatangani kontrak dengan Fueled by Ramen. Mereka mulai menulis EP self-titled mereka, rekaman dengan produser James Paul Wisner. EP ini dirilis 3 Februari 2009. Rumor yang beredar mereka akan mengeluarkan video musik untuk In Pursuin Desaign dan The Authors, dua lagu di EP tersebut. Pada akhir 2011, video untukIn Pursuing Desain bocor. Sebulan setelah kebocoran, VersaEmerge masih belum mengomentari kapan rilisnya dan sampe sekarang video itu pun gak pernah rilis tapi sudah beredar diinternet dan youtube.
Yang mau lihat video klip In Pursuing Design bisa dilhat disini, jujur aku juga baru 2 bulan yang lalu lihat video ini, ketemu secara random diyoutube hehe...


In Pursuing Design






Self-titled EP (2008–2009)

 

Setelah merilis EP self-titled , VersaEmerge melanjutkan " The Secret Valentine Tour " dengan band-band headlining We the Kings, The Maine, The Cab, dan There For Tomorrow. Setelah Secret Valentine Tour , VersaEmerge makin besar dan makin banyak fansnya nih... dan mereka juga main di Give It Name festival 2009 di Inggris bersama band-band seperti Taking Back Sunday, Underoath, Thursday, Escape The Fate, dan Innerpartysystem. Mereka kembali ke Amerika Amerika Serikat dan segera ikut festival musik Bamboozle di New Jersey. Ketika mereka kembali ke Florida , mereka mulai menulis untuk LP mereka selama beberapa bulan sebelum berangkat ke Warped Tour '09 . Setelah The Warped Tour , mereka menuju ke Malibu untuk merekam dan menulis LP mereka , kemudian dikemas untuk tur OP menampilkan headliner Boys Like Girls dan co - headliners Cobra Starship, The Maine, dan A Rocket To The Moon.

Pada tanggal 19 September 2009, drummer dan co - pendiri band Anthony Martone , mengumumkan perpisahan dengan band melalui akun twitternya dia bilang ""I'm no longer in VersaEmerge. Thanks for all your support. I am currently a drummer for hire, thanks everyone..." Setelah sekitar seminggu fans berspekulasi tentang kepergian Athony yang tiba-tiba banget , bassist Devin Ingelido dan band memposting blog tentang perpisahan mereka dengan Anthony, merekab menyatakan Anthony keluar karena alasan pribadi yang gak bisa disebutkan . Band ini menyewa musisi dan teman mereka Spencer Peterson ( bukan mantan vokalis Spencer Pearson ya hehe tapi Spences Peterson) untuk mengisi sebagai pengganti sementara pada drum untuk tur OP. Spencer Peterson adalah member Hidden In Plain View dan  Charlotte Sometimes.


                                                                   Anthony Martone

Pada tanggal 22 November 2009, gitaris Jerry Pierce mengumumkan di Twitter bahwa ia akan meninggalkan band karena alasan pribadi yaitu keluarganya . Dia juga mengatakan bahwa ia tetap berteman dengan anggota lain. Jerry ikut show terakhirnya dengan band pada tanggal 28 November 2009. Mereka merilis album debut mereka tepat sebelum 2010 Vans Warped Tour. Pierce udah gak ikut proses rekaman lagi pada saat itu.


                                                                       Jerry Pierce




Fixed at Zero (2010–2011)

 

 

Nah pada saat ini band hanya beranggotakan 3 orang saja yaitu Blake, Sierra dan Devin :D 







Pada bulan Maret 2010, VersaEmerge masuk di situs musik American music website Shred News' "10 Artists to Watch in 2010". Di SXSW Purevolume House , VersaEmerge memainkan empat lagu baru mereka. "Fixed At Zero, Mind Reader, Figure It Out,  dan You'll Never Know", semuanya dari album Fixed At Zero. Sierra Kusterbeck juga masuk dalam "Front dan Center: The New Class of 2010" artikel dari edisi bulan Mei Alternative Press. Menurut beberapa tweet, Chris Pollock , mantan personil dari  band Oh , The Story ! dari Maryland saat itu mengisi posisi drummer untuk VersaEmerge setelah kepergian Anthony Martone. Belum diumumkan apakah Chris Pollock akan menjadi drummer tetap atau sementara.



                                                                   Chris Pollock 


Pada tanggal 26 April 2010, band ini memposting bahwa debut album pertama mereka akan dinamakan Fixed Az Zero. Video klip Fixed At Zero " juga diposting di website www.fixedatzero.com . Pada tanggal 28 April 2010, fixedatzero.com memposting cover albumnya dan informasi untuk pre-order dengan tanggal rilis tanggal 22 Juni 2010. VersaEmerge kembali main di Bamboozle The pada tanggal 1 Mei 2010, bermain bersama band-band rekan satu label Paramore serta Weezer . Mereka juga menjadi co-headlined tur dengan I See Stars di pertengahan musim semi .

Fixed At Zero



VersaEmerge ikut Vans Warped Tour loh yang dimulai pada tanggal 25 Juni 2010 di California . Mereka main di Glamour Kills selama tour . Sierra juga main games yang disebut "Where the Fuck is Sierra?" sama fans pada setiap tur mereka. Games ini mirip dengan petak umpet dan sepuluh pertama fans harus menemukan Sierra kalau yang menang mereka berhak menerima kartu pemenang dan juga dapat free pass buat signing session / sesi tanda tangan. Pada tanggal 27 Juli 2010, band ini merilis video musik untuk lagu dan single pertama dari Fixed At Zero di halaman Myspace mereka. Kemudian dipost di YouTube mereka . Pada tanggal 13 September 2010, VersaEmerge mengumumkan bahwa mereka akan headlining tur pada musim gugur '10 yang disebut "Vultures Unite Tour". 


Mereka bergabung dengan Anarbor, The Dangerous Summer dan Conditions. Turnya di Amerika Serikat dan di Kanada.Sat tour tersebut mereka mengatakan sebagai "cinematic experience: / "pengalaman sinematik" karna The Dangerous summer meninggalkan tur karena terjadi pertengkaran antara Devin Ingelido (bassis dari VersaEmerge) dan anggota The Dangerous Summer seperti yang yang diungkapkan Sierra di halaman tumblrnya.

Band ini muncul di MTV dokumenter acara World of Jenks pada tanggal 18 Oktober 2010. Setelah episode ditayangkan , Fans VersaEmerge makin banyak dan mereka juga udah mulai memiliki fans fanatik sebutan untuk fans mereka adalah Vulture yang diambil dari lirik Fixed At Zero "There's a VULTURE on my shoulder". Pada tanggal 10 Desember 2010, Alternative Press mengumumkan bahwa VersaEmerge akan menjadi salah satu dari lima band pada 2011 Musim Semi Alternative Press Tour. VersaEmerge bergabung dengan Black Veil Brides, Conditions, D.R.U.G.S dan I See Stars. Pada bulan Desember 2010 , mantan drummer Anthony Martone memposting di account pribadi menjelaskan kenapa dia keluar dari band , mengungkapkan bahwa Sierra yang meminta dia untuk dipecat / dikeluarkan dari band (hah??? masak sih Sierra kayak gitu?) . Pada tanggal 26 April 2011, Devin Ingelido mengumumkan ia meninggalkan band untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan istri dan anaknya yang baru lahir. Show terakhir Devin sama VersaEmerge pada tanggal 7 Mei 2011. Kemudian Nick Osborne ( 2005-2006) akan menggantikannya di bass untuk tur Inggris / Euro Invasion . Kemudian diumumkan bahwa Nick Osborne akan bermain kembali untuk band sebagai pemain bass untuk VersaEmerge .

 Mereka juga mengeluarkan video klip untuk lagu Figure Ot Out pada tahun 2011.

 Figure It Out




Acoustic EP, Another Atmosphere, & departure from Fueled By Ramen (2011–2013)

Pada tanggal 23 Agustus 2011 mereka merilis EP Acoustic Live. Ada 4 lagu dialbum EP tersebut 2 diantaranya adalah cover dari lagu Britney Spears Toxic

VersaEmerge - Toxic (Britney Spears Cover) 


 dan VersaEmerge - ET (Katy Pery Cover)




Cover album Live Acoutic EP VersaEmerge



Track list :

► 3:11
Live Acoustic EP
► 3:50
Live Acoustic EP
► 2:53
Live Acoustic EP
► 3:45
Live Acoustic EP
Mereka menyatakan bahwa mereka merilis EP tersebut memuaskan fans mereka ketika sedang merekam album mereka berikutnya. mereka bilang album baru mereka terisnpirasi dari luar angkasa. VersaEmerge menjadi pembuka di acara Fueled By Ramen 15th Anniversary acara pada tanggal 9 September 2011 dan menjadi pertunjukan terakhir mereka untuk tahun 2011. Pada tanggal 29 November, band ini mengeluarkan musik video "Santa Baby" di YouTube .dan tersedia di iTunes pada tanggal 20 Desember.


VersaEmerge - Santa Baby


Kemudia VersaEmerge mengumumkan bahwa Chris Kamrada dari There For Tomorrow (drummer) akan mengisi drum untuk album baru mereka Another Atmosphere dan ikut tour bersama mereka di Soundwave Festival Australia ( festival musik Australia ) dari tanggal 25 Februari 2012 sampai  5 Maret 2012.  

                                                  
                                                    Chris Kamrada (There For Tomorrow)

Setelah itu mereka kembali ke AS masuk studio untuk merekam album mereka. VersaEmerge secara resmi 
selesai merekam album mereka pagi hari pada tanggal 5 Mei 2012. Shaun Lopez dipercaya untuk menjadi produser mereka dalam menggarap album ini.


 Cover Album Another Atmosphere Preview





VersaEmerge mengeluarkan preview lagu baru mereka yang berjudul "No Qonsequnces" pada Fueled By Ramen Bamboozle sampler. Pada tanggal 16 Juli VersaEmerge juga memposting lagu baru mereka di akun  SoundCloud yang berjudul "No Qonsequneces". 

VersaEmerge - No Qonsequences


 Pada 25 Juli " Bones " dari album baru diposting di SoundCloud  kemudian mereka mempostingnya diyoutube.

VersaEmerge - Bones 

 Dan  "Domesticated" juga dirilis pada tanggal 28 Juli di SoundCloud kemudian di Youtube.

VersaEmerge - Domesticated 


 Blake Harnage mengungkapkan via Twitter bahwa album ini dijadwalkan akan dirilis pada awal 2013 (padahal gak rilis juga sampe akhir 2013 hehe). Pada tanggal 25 September , lagu yang berjudul " Burn" yang diunggah ke SoundCloud sebelumnya album ini bocor rilis padahal udah direncain mau dirilis awal 2013 sebagai single untuk album baru mereka. Lagu ini tersedia untuk versi iTunes pada tanggal 27 September 2012. 


VersaEmerge - Burn




Another Atmoshere Era 


















VersaEmerge terpilih untuk mengisi Warped Tour 2013 namun mereka mengundurkan diri dengan alasan sibuk dan pengen fokus dengan album baru mereka. Dan pada bulan July 2013, VersaEmerge keluar dari label Fueled By Ramen. Dan pada tanggal 23 Oktober VersaEmerge merilis video klip "No Qonsequences" diyoutube dan menulis di akun Tumblr mereka bahwa video klip tersebut akan menjadi rilis terakhir dengan nama VersaEmerge.


VersaEmerge - No Qonsequences




Change to VERSA

Band mengumumkan via twitter dan facebook officialnya bahwa mereka akan mengganti nama menjadi VERSA (yaelah cuma buang Emergenya doang nih). Gak terlalu dijelaskan juga sih kenapa mereka merubah nama band mereka tetapi menurut rumor yang ada, mereka hanya ingin merubah image baru dari band menjadi duo selain itu warna musik mereka juga sekarang telah berbeda. Kalau gak percaya coba dengerin ini nih "NEON" lagu yang baru saja mereka rilis 10 Desember lalu :D

Versa - Neon



Mereka juga berencana akan merilis debut album mereka  "NEON" dibawah nama VERSA yang akan dirilis pada tanggal 14 Januari 2014 dan akan mengeluarkan lagu yang berjudul Another Atmosphere ( lagu yang seharusnya ada di album Another Atmosphere preview hehe... ) namun dengan jenis musik yang agak berbeda dari sebelumnya. Padahal waktu Another Atmosphere Preview keluar aja aku udah kaget dan terbengong - bengong kenapa musik mereka berubah menjadi rock electro namun masih terdengar roh Versanya dilagu - lagu tersebut. Yang bikin khas itu adalah nada - nada dan dentingan piano atau keyboardnya Blake yang khas. Sedangkan dilagu terbaru mereka NEON ini terdengar agak berbeda dan lebih ngepop dan lebih mainstream. 

Kayaknya segitu aja dulu bahasan aku tentang band yag satu ini, mungkin kalau ada yang kurang bisa kalian koreksi di komentar nanti aku akan aku perbaiki. Terima kasih udah mampir kesini dan membaca lebih dan kurang saya mohon maaf ( yaelah kayak pidato aja :D ) and see you in the next post guys! :D






 

3 comments:

  1. niat bgt ni cwek....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe emang kenapa? Ya kalau nulis itu ya harus niat lah gak boleh setengah - setengah :D

      Delete
  2. Lagi nyari album bru VersaEmerge malah nyasar k sni he..he.he.
    D antara koleksiku nih, mnrut Kk gmna:

    1. THE MATERIAL
    -Appereances
    -Stay here forever

    N

    2. DARLING PARADE
    -When It's Over
    -Crash & Burn

    Boleh jg klo mau d bkinin artkel ^_^

    ReplyDelete

AWAL MUA GUE SUKA BIGBANG

Selamat siang gaeees selamat berhari minggu. Udah 1 bulan gue gak update kayaknya belum istiqomah sama niat nih wakakakak sebentar muncul s...