Friday, December 6, 2013

Musik Celtic

Selamat malam semua...
Ada yang suka sama musik celtic gak? Kebetulan aku suka banget sama musik celtic dan aku punya komposer favorit musik celtic. Musik celtic itu tenang, damai, kadang juga emosional banget, tak jarang membawa aku kedalam dunia fantasi dan menciptakan khayalan - khayalan yang kadang gak masuk akal hehe... Untuk yang belum tahu musik celtic aku jelasin dikit nih (meski gak terlalu tau banyak sih cuma pernah baca aja di internet), celtic itu sendiri diambil dari nama suku bangsa yang tersebar didaerah Eropa Utara dan Barat : Celt. Tapi kalau kita udah bicarain musik celtic maka ruang lingkupnya pun berubah. Musik Celtic sendiri berkembang didaerah Irlandia dan Scotlandia 
( pacarku yang kebetulan orang Irlandia juga pernah ngasih tahu aku soal ini sih ) Ya, tentu, Irlandia dan Scotlandia termasuk daerah persebaran bangsa Musik celtic biasanya menampilkan tone yang khas banget, kayak suara alat-alat tiup khas Celtic macam :

Tin Whistle












Uillean Pipes




















atau Fiddle, sama aja sih kayak biola hehe sebenarnya memang biola cuma kalau dimusik kalau dimainkan di folk disebut fiddle tapi kalau dimainkan dalam musik klasik disebut biola :D















Karaktek vokalnya sendiri juga punya cengkok-cengkok yang khas. Coba dengarin Clanned, band celtic tahun 70an ( belum lahir gue :D ) dari Irlandia. Band ini sebelumnya bergenre folk tapi pada tahun 80an mereka berganti genre menjadi celtic. Pernah dengar penyanyi yang bernama Enya kan? Sebelumnya Enya pernah bergabung dengan band ini namun pada tahun 1981 Enya memutuskan untuk bersolo karir. Atau coba dengarin Celtic Woman, Loreena McKennitt, atau The Chieftains. Kalian pasti bisa dengarin cengkok - cengkok khas dari musik celtic itu sendiri ( bukan cengkok dangdut dan melayu yah hehe ). Tapi yang jadi favorit aku dari dulu sampe sekarang cuma Enya. Tentunya kalian udah pernah dengar kan Enya yang Only Time? Lagu itu sering menghiasi layar kaca waktu aku masih SD. Dan aku ingat banget dulu sering diputar di RCTI kalau ada beberapa menit yang kosong sebelum program, kalau sekarang jarang diisi dengan video - video klip musik kayak gitu lagi tapi dibanyakin iklan yang lama, sebeeeel... Dan Enya juga pernah mengisi soundtrack The Lord Of The Rings yang berjudul May It Be dan The Council Of Elrond. Celtic Woman juga bagus. Aku pernah lihat video live mereka diyoutube suaranya keren ditambah lagi dengan musik yang megah yang bikin merinding pas dengerinnya. Oh ya, hampir lupa satu lagi Secret Garden juga bagus tuh yang judulnya Nocturne bikin merinding. Buat kalian yang belum pernah coba dengerin musik celtic coba deh dengerin mungkin kalian suka atau pernah dengerin tapi gak tau itu jenis musik apa. Kayak aku dulu sering dan suka banget dengerin Enya tapi aku gak tahu kalau musik Enya itu bergenre celtic. Aku pikir seriosa hehe sekilas memang cara nyanyinya kayak seriosa gitu sih tapi enggak kok kalau didengerin bener - bener antara seriosa berbeda dengan celtic. Aku juga suka dengeran musik celtic yang hanya instrument aja, no vocals. Biasanya aku suka dengerin celtic music instrumental karya komposer favorit aku Adrian Von Ziegler dan BrunuhVille. Penasaran siapa mereka? Tunggu postingan aku selanjutnya yah...

Sekarang aku mau istirahat dulu terus tidur karna juga hari ini badan lagi gak fit biasa wanita tiap kedatangan tamu spesial tiap bulannya hehehe...
Jangan lupa yang mau kenal aku boleh add facebookku Shinta VersaVultures dan follow twitter aku @VersaRomance.
See ya in the next post :D 



5 comments:

  1. Replies
    1. Wah kebetulan gak banyak tahu sih soal musik ghotic perlu banyak referensi juga hehe...
      Tapi nanti aku coba deh perbanyak bacaan, referensi dan dengerin musik ghotic dulu.
      Thanks sarannya :)

      Delete
  2. Emang coy, musik Celtic bikin kita berkhayal masuk ke dunia lain gitu... Gw kalo ngerjain tugas sambil denger musik Celtic, dah berasa dunia milik sendiri pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tenang kalau didengarkan di malam hari. Seperti musik pengantar tidur.

      Delete
  3. The Corrs juga termasuk Celtic musiknya. Karena kebetulan dia juga berasal dari Irlandia. Dan mereka memainkan alat musik Tin whistle dan biola. Coba lihat deh video klip mereka.

    ReplyDelete

AWAL MUA GUE SUKA BIGBANG

Selamat siang gaeees selamat berhari minggu. Udah 1 bulan gue gak update kayaknya belum istiqomah sama niat nih wakakakak sebentar muncul s...